Sabtu, 02 Juni 2018

Istilah Bahasa Sunda Bulan Ramadhan Kampung Sangali

Banyak yang unik dari Kampung ini apalagi saat bulan ramadhan mau tau apa aja ? simak uraian nya disini


       Ngadulag




Ngadulag ialah suatu kegiatan memukuli bedug yang banyak digemari oleh banyak orang di bulan ramadhan ini khususnya anak kecil. Kegitan ini berlangsung setiap ba’da maghrib atau setelah buka puasa dan sebelum sahur (kiranya pukul 02.00-02.45 WIB). Kegiatan ini bertujuan ; yang pertama untuk memanggil orang-orang untuk sholat terawih berjamaah di masjid, yang kedua untuk membangunkan orang di waktu sahur. Unik bukan ??? 

       Nyubuh
Nyubuh ialah kegiatan dimana orag-orang setiap ba’da  shubuh beraktivitas seperti biasanya seperti berolahraga, menyapu, dan lain-lain hingga terbitnya matahari.


 
       Ngabuburit
       Nah, yang satu ini sudah tidak asing lagi oleh orang banyak. Mayoritas Kegiatan untuk menyambut berbuka puasa ini sudah menjadi rutinitas oleh orang Indonesia.
      

4.       Tutut
Tutut adalah sejenis siput (tapi bukan siput) yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Makanan ini sangat lezat sekali selain daagingnya yang gurih tetapi ada yang uniik juga yaitu kuahnya.Beuh... kuah tutut ini hampir sama dengan kuah soto khas jawa barat ( jahe dan kunyit). 


      
          Nyeblak
Haha..yang ini juga ga mau kalah sama yang di atas. Makanan ini cukup menggemparkan orang banyak. Karena banyak orang yang tidak tahu bahwa ada makanan yang terbuat dari kerupuk rebus. Ada yang udah nyoba??? Kalo belum ayo mampir ke bogor...


       Munggahan
Munggahan adalah sutau kegiatan dimana setiap orang sehari sebelum datangnya bulan ramadhan itu memuaskan dirinya untuk mempersiapkan penyambutan bulan ramadhan.



       Cucurak
Yang ini hampir sama dengan yang di atas juga karena cucurak merupakan salah satu contoh dari munggahan yaitu berkumpul dengan orang lain (biasanya orang yang sudah lama tak berjumpa) mengadakan reuni gitu lah, dan acara intinya yaitu makan-makan.

      Masaran/Pasaran
Kalo yang ini beda dari yang lain. Kegiatan ini, kegitan mengaji kitab-kitab qiyasan. Seperti, kitab kuning, kitab tata aturan, dan kitab lainnya. Biasanya masaran ini sering dilakukan di daerah pesantrenan.

Hasil gambar untuk pasaran kitab kuning
Pasaran Kitab Kuning

      Numpeng



Numpeng adalah kegiatan membuat nasi tumpeng .Nah, numpeng ini biasanya dilakukan ketika orang-orang sudah mengkhatamkan al-qur’an. Baisanya numpeng ini dilakukan ketika sehari sebelum lebaran.


        Ngupat



Ngupat itu buat ketupat. Bahasanya aja yang keren. Intinya sih membuat ketupat buat lebaran


EmoticonEmoticon